Tugas Menulis Populer (34)

Nama  : Yosua Addiguna
No. Absen :34
NIM : 2115162468
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 HANYA LIHAT KE DEPAN - JKT48


Lirik:

Hanya lihat ke depan

Karena jika menoleh

Air mata ini akan terlihat

 

Memandang jauh ke depan

Dan membulatkan tekad

Ayo melangkah ke sana...!

 

Oy! oy! oy! oy! oy! oy! yeahhh

 

Bertemu dengan mu

Dan selalu bersama

Masa remaja kita

Yang penuh kenakalan

 

Kita tahu bahwa

Hal yang teramat penting

'tuk kehidupan ini

Berada di masa depan

 

Walaupun sekarang menyenangkan

Tapi. takkan berlanjut selamanya (oy, oy)

Jangan terus terbuai

Hanya lihat ke depan

'tuk terakhir kalinya

Biarkan ku tampil dengan keren

 

Walau aku masih takut

Pada tempat yang baru

Tidak ada kata mundur

 

Jika berpaling ke jalan di belakang

Hanya ada angin yang bertiup

Woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) yes...! woo wo wo woo

 

Waktu ku jatuh cinta

Kemudian patah hati

Lalu seperti anak kecil

Berdiri di ayunan


Kata-kata yang kotor

Semua ku teriakan

Di saat itu pun kamu

Tetap menemani aku

 

Walau seberat apa pun

Kesedihan tak akan berlanjut selamanya (oy, oy)

Ayo hadapilah...!

 

Hanya lihat ke depan

Saatnya berpisah

Percayalah pada hari esok

 

Walaupun tiada dirimu

Walaupun tiada aku

Tetap bisa hidup sendiri

 

Walau berjalan di jalur berbeda

Langit yang luas menghubungkan kita

Woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) yes...! woo wo wo woo

Saatnya 'tuk berangkat

Ayo buanglah semua kenangan, aaa...

 

Hanya lihat ke depan

'tuk terakhir kalinya

Biarkan ku tampil dengan keren

 

Walau aku masih takut

Pada tempat yang baru

Tidak ada kata mundur

 

Jika berpaling ke jalan di belakang

Hanya ada angin yang bertiup

Woo wooo... (Woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...)

Woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) woo wooo... (woo wooo...) yes...! woo wo wo woo yeahh

 

Oy! oy! oy! oy! oy! oy!

 





Komentar: 

Lagu ini sangat menginspirasi, terutama untuk para remaja, karena liriknya yang memiliki makna mendalam untuk memberitahu kepada para remaja bahwa masa sekarang yang nyaman ini tidaklah berlangsung selamanya, maka dari itu jangan terbuai dan terus menatap ke depan, sekalipun banyak rintangan yang menghadang. Karena jika berpaling ke belakang, maka yang ada hanya kenangan dan angin bertiup. Maka, mari bulatkan tekad dan memandang jauh ke depan, untuk masa depan yang lebih cerah.
            Kekurangan lagu ini adalah liriknya di beberapa bagian terkesan masih kaku. Contohnya adalah di bagian “Walaupun tak ada dirimu, walaupun tak ada aku, tetap bisa hidup sendiri.” Lirik ini terdengar rancu. Mungkin hal ini dikarenakan lagu ini adalah lagu terjemahan, dan memang cukup sulit mencari kata yang pas dengan penggalan yang sama dari bahasa aslinya yaitu bahasa Jepang. Namun meskipun begitu, lagu ini tetaplah bagus karena dapat menginspirasi bagi siapa pun yang mendengarnya dan memahami baik-baik setiap kata yang ada.
   

Ralat komentar: 

Lagu ini sangat menginspirasi, terutama untuk para remaja, karena liriknya yang memiliki makna mendalam untuk memberitahu kepada para remaja bahwa masa sekarang yang nyaman ini tidaklah berlangsung selamanya, maka dari itu jangan terbuai dan terus menatap ke depan, sekalipun banyak rintangan yang menghadang. Karena jika berpaling ke belakang, maka yang ada hanya kenangan dan angin bertiup, serta air mata ini akan terlihat. Makna itu dapat dilihat dari lirik: “Walaupun sekarang menyenangkan, tapi. takkan berlanjut selamanya, jangan terus terbuai.” Kemudian ada dalam penggalan lirik: “Hanya lihat ke depan, karena jika menoleh air mata ini akan terlihat, memandang jauh ke depan, dan membulatkan tekad.” Yang berarti, mari bulatkan tekad dan memandang jauh ke depan, untuk masa depan yang lebih cerah, meskipun perpisahan dari ‘sahabat’ dan ‘zona nyaman’ memanglah sulit dilakukan dan dapat membuat air mata ini menetes. Dan juga diperjelas dalam lirik “walau berjalan di jalur berbeda, langit yang luas menghubungkan kita”, bahwa sekalipun kita berpisah dengan sahabat dan ambil jalur bebeda, langit yang luas ini tetap dapat menghubungkan kita dengan sahabat. Bagi salah satu mantan member JKT48, Veranda, juga menjelaskan bahwa lagu ini memang motivasi untuk keluar dari zona nyaman.[1]
            Untuk karakteristik yang ada dalam lagu ini, jelas sekali lirik dan musiknya menunjukkan bahwa lagu ini adalah lagu ceria. Lalu bagian video klip, terlihat lebih menyorot anggota JKT48 yang sedang berada di atas panggung kemudian diisi oleh adegan masa-masa SMA. Yang menurut saya kurang tepat adalah liriknya itu menceritakan bahwa masa-masa mereka itu bandel dalam lirik: "bertemu denganmu dan selalu bersama masa remaja kita yang penuh kenakalan", akan tetapi di video klipnya malah mereka sedang membuat semacam eksperimen.
            Kemudian, untuk kekurangan lagu ini adalah liriknya di beberapa bagian terkesan masih kaku. Contohnya adalah di bagian “Walaupun tak ada dirimu, walaupun tak ada aku, tetap bisa hidup sendiri.” Lirik ini terdengar rancu. Mungkin hal ini dikarenakan lagu ini adalah lagu terjemahan, dan memang cukup sulit mencari kata yang pas dengan penggalan yang sama dari bahasa aslinya yaitu bahasa Jepang, yang bahasa Jepangnya sendiri adalah ‘omae ga inakute mo, ore ga inakute mo, hitori de ikirareru’ atau dengan kanji: “
おまえがいなくても, 俺がいなくても, 一人で生きられる[2]Di situ kanji ‘inakutemo’ dapat berarti ‘tidak ada di sana[3]’, ketika saya memeriksa terjemahan bahasa Inggrisnya, tertulis juga: ‘not there’. Dan kemudian kanji untuk ‘ikirareru’ dapat berarti ‘jalani hidup’ dan ‘hitori’ itu artinya ‘sendiri[4]’ atau ‘masing-masing’. Sedangkan ‘omae’ berarti ‘kamu’ dan ‘ore’ berarti ‘aku’. Dan kata ‘ga’ serta ‘de’ merupakan penghubung dalam bahasa Jepang. Lalu bila diartikan secara penuh, maka hasilnya kurang lebih seperti ini: “Meski kamu dan aku tiada di sana (di suatu tempat), kita masih bisa jalani hidup sendiri (masing-masing). Namun terlepas dari semua itu, lagu ini tetaplah bagus karena dapat menginspirasi bagi siapa pun yang mendengarnya dan memahami baik-baik setiap kata yang ada.                                           





[2].http://stage48.net/studio48/maeshikamukanee.html
[3].http://www.tanoshiijapanese.com/dictionary/conjugation_details.cfm?entry_id=55738&element_id=189307&conjugation_type_id=61
[4] https://answers.yahoo.com/question/index?qid=20071105140537AAutn8T



 

Komentar

  1. mochammad afi nur rizqi (afi)
    no absen 20

    dalam penulisan komentar ini ada beberapa ketidak selarasan antara tulisan dengan mind map yang penulis tulis.
    1. Dalam mind map tergagas untuk membahas sasaran lagu tersebut. namun dalam komentar yang ditulis tidak terdapat deskripsi tentang sasaran lagu secara rinci.
    2. tidak adanya keselarasan dalam paragraf ke 3. karena pada paragraf ke 3 membahas tentang karakteristik lagu. namun tiba-tiba tertulis kekurangan lagu tersebut. seharusnya kalimat yang membahas tentang kekurangan lagu masuk dalam paragraf selanjutnya.
    3. pada paragraf ke 4 tertulis tentang kekurangan lagu, namun dalam mind mad tidak tergagas tentang kekurangan lagu maupun kelebihan lagu. sehingga dalam penulisan ini kurang terjadi pengontrolan antara mind map dengan apa yang ditulis.

    BalasHapus
  2. Penulis memberikan komentar sesuai dengan mind map, tapi ada beberapa paragraf yang tidak sesuai dengan mind map. Dalam paragraf tersebut tidak membahas gagasan yang ada pada mind map. Seperti pada paragraf 1, penulis memberikan komentar tentang nilai positif dari lirik lagu tersebut, akan tetapi penulis tidak memberikan nilai negatif atau kekurangan dari lirik tersebut. Dalam mind map yang penulis buat nilai positif dan negatif seharusnya dibahas dalam satu paragraf namun penulis membahas nilai negatif pada paragraf akhir. Selain itu, pada mind map tertulis ada gagasan tentang sasaran penikmat lagu tersebut, namun pada komentar tersebut penulis tidak memaparkan siapa saja sasaran penikmat lagu tersebut.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)