Tugas Menulis Populer (30)

Nama              : Siti Balqis
No. Absen       : 30
NIM                 : 2115160965
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jatuh Hati
Raisa Andriana
Ada ruang hatiku yang kautemukan
Sempat aku lupakan kini kausentuh
Aku bukan jatuh cinta namun aku jatuh hati

Kuterpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
Terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
Kuharap kau tahu bahwa kuterinspirasi hatimu
Kutak harus memilikimu, tapi bolehkah kuselalu di dekatmu?

Ada ruang hatiku kini kausentuh
Aku bukan jatuh cinta namun aku jatuh hati

Ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
Terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
Kuharap kau tahu bahwa kuterinspirasi hatimu
Ku tak harus memilikimu, tapi bolehkah kuselalu di dekatmu?

Katanya cinta, memang banyak bentuknya
Ku tahu pasti sungguh aku jatuh hati

Ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
Terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
Kuharap kau tahu bahwa kuterinspirasi hatimu
Ku tak harus memilikimu, tapi bolehkah kuselalu di dekatmu
Tapi bolehkah kuselalu di dekatmu






          Lagu jatuh hati mengisahkan tentang seseorang yang merasakan kekaguman terhadarp orang lain. Hal yang membuat lagu ini istimewa di mata saya adalah keunikan syair yang dilantunkan. Dalam lagu ini, secara psikologis  penyanyi tidak secara terang-terangan kepada siapa ia kagum (guru, orang tua, ataupun sahabat), sehingga membawa pendengar untuk dapat menafsirkannya sendiri secara bebas. Hal yang membuat lagu ini berbeda dari lagu “cinta” yang lain adalah syair indah yang digunakan penyanyi untuk meluapkan kekagumannya, yaitu dalam lirik “ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu. Terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia.” Dalam lirik ini, membuka ruang pendengar untuk mengetahui buih-buih apa yang menjadikan seseorang  jatuh hati terhadap orang lain, namun bukan jatuh cinta. Dalam lagu ini seolah memberitahu bahwa terdapat perbedaan antara jatuh hati dan jatuh cinta yang cakupan jatuh hati lebih dari jatuh cinta. Dari sisi video klip, latar suasana yang membelakangi makna lagu ialah keceriaan, kekaguman, serta kegembiraan, terlihat dari raut wajah pelantun lagunya, Raisa. Latar tempat pun dibuat sebegitu sinkronnya dengan tema lagu, yaitu ketenangan dan ketentraman jiwa. Dengan latar tempat padang rumput di bawah sinar matahari yang bersahabat berlatar belakang bukit di Sabana Bakol, Situbondo, jawa Timur menambah penghayatan syahdu lagu tersebut.

          Namun, di balik semua kesempurnaan video klip Jatuh Hati Raisa, terdapat keganjalan di tengah-tengahnya. Menurut saya, kostum dress bermotif bunga-bunga yang digunakan di tengah-tengah adegan, memotong kesempurnaan video. Dress bermotif bunga-bunga yang dikenakan pelantun saat itu lebih cocok digunakan pada lagu yang menggambarkan kekagumannya terhadap keindahan alam. Beda halnya dengan jaket dan celana jeans yang dikenakan di beberapa scene lain dalam video tersebut. Kostum tersebut sangat relevan dengan latar suasana lagu yang dibawakan.


PERBAIKAN!


          Lagu Jatuh Hati mengisahkan tentang seseorang yang merasakan kekaguman terhadap orang lain. Hal yang membuat lagu ini istimewa adalah maknanya yang menginspirasi dan lirik lagunya yang tidak meanstream. Dalam lagu ini, secara psikologis, penyanyi tidak secara terang-terangan kepada siapa ia kagum (guru, orang tua, ataupun sahabat), sehingga membawa pendengar untuk dapat mengalirkan tafsirnya sendiri secara bebas. Hal yang membuat lagu ini berbeda dari “lagu cinta” yang lain adalah syair indah yang digunakan pelantun untuk meluapkan kekagumannya, yaitu dalam lirik “ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu, terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia.” Lirik tersebut membuka ruang pendengar untuk mengetahui buih-buih apa yang menjadikan seseorang  jatuh hati terhadap orang lain, namun berbeda dengan jatuh cinta. Dalam sisi sosiologis, bila dilihat dalam video klipnya, terdapat peran dan sikap seseorang yang ditunjukkan kepada sang pelantun, sehingga menghasilkan kekaguman (jatuh hati), yaitu tutur kata dan cara pandangnya yang menginspirasi. Hal itu seolah memberitahu bahwa terdapat perbedaan antara jatuh hati dan jatuh cinta yang cakupan jatuh hati lebih dari jatuh cinta.





Aransemen lagu pop Jatuh Hati ini adalah hasil dari kolaborasi gitar dan satu jenis alat musik kocok di pembuka lagu kemudian disambut alunan drum yang lembut sehingga menghasilkan harmonisasi musik yang indah. Dari sisi video klip, latar suasana yang membelakangi makna lagu ini ialah kekaguman, ketentraman, serta kegembiraan, terlihat dari raut wajah pelantun lagunya, Raisa. Latar tempat pun terlihat sebegitu sinkronnya dengan tema lagu, yaitu ketenangan dan ketentraman jiwa. Dengan latar tempat padang rumput berlatar belakang Gunung Baluran, Sabana Bakol, Situbondo, Jawa Timur di pagi hari dengan langit yang masih tenang dan matahari belum menunjukkan keterikannya menambah penghayatan lagu ini.

Taman Nasional Baluran

          Namun, di balik semua kesempurnaan video klip Jatuh Hati yang dibawakan Raisa, terdapat kejanggalan di tengah-tengahnya. Kostum dress bermotif bunga-bunga yang digunakan di tengah-tengah adegan video klip terlihat kurang sinkron dengan keseluruhan isi video.



          Dress bermotif bunga-bunga yang dikenakan pelantun saat itu lebih cocok digunakan pada lagu yang menggambarkan suasana yang “berbunga-bunga” seolah sedang jatuh cinta kepada seseorang (kekasih), beda halnya dengan kemeja terpaut selendang dan celana jeans yang dikenakan pelantun pada beberapa scene lain dalam video tersebut yang sangat relevan dengan latar suasana lagu yang dibawakan. 


          Kemeja bertaut selendang dan celana jeans yang dikenakan di beberapa scene sangat cocok dengan adegan di dalamnya, seolah pelantun sedang berpetualang, mencari dan mengabadikan hal-hal yang menginspirasi di sekitarnya, begitu juga dengan jaket dan shall yang pelantun pakai di lainnya.


Walaupun begitu, secara keseluruhan, lagu ini dapat dikatakan lagu yang berbeda dengan “lagu cinta” pada umumnya dan dapat  menginspirasi pendengarnya.








 

Komentar

  1. nama : Citra Nur Syifa
    no absen : 03

    Komentar mengenai lagu Jatuh Hati yang diutarakan oleh Balqis hanya kurang memperhatikan bagian Kohesi didalam paragraf saja. Terlihat pada saat kalimat pertama dan kedua didalam paragraf satu, saya melihat tidak adanya Kohesi pada dua kalimat tersebut. Adapula pada paragraf kedua, Balqis kurang memperhatikan Kohesi pada setiap kalimat yang Balqis bahas dikarenakan kalimat pertama Balqis membahas soal aransemen, kalimat kedua membahas soal video klip, dan kalimat ketiga Balqis membahas soal latar. Sebenarnya mindmap yang dibuat Balqis ada semua isinya didalam uraian, namun Balqis kurang memaparkan lebih detail bagan-bagan tersebut. Jadi, uraian yang Balqis buat seolah-olah tidak mengandung isi dari mindmapnya atau tidak sesuai dengan isi mindmapnya, padahal ada isinya namun tidak detail.

    BalasHapus
  2. nama : Muh. Ryandito F Akbar
    nim : 2115162507

    kali ini Balqis mengomentari salah satu lagu Indonesia berjudul "Jatuh Hati" yang dibawakan oleh Raisa, yang merupakan salah satu penyanyi favorit saya
    komentar Balqis mengenai lagu ini sudah bagus, sudah sesuai dengan mind map, dan bahasannya pun cukup luas, mulai dari segi musik hingga video klip. namun sayang, pembahasan tentang video klip lebih condong kepada kostum yang digunakan oleh pemeran video klip yang kebetulan diperankan oleh Raisa sendiri, bukan membahas tentang alur cerita dari video klip.
    dan tambahan mungkin bisa ditambah profil dari penyanyi, yaitu Raisa Andriana

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)