Tugas Menulis Populer (27)

Nama  : Rifqi Setia Putra
No. Absen : 27
NIM : 2115162889
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Lirik lagu cemburu dewa 19

Ingin kubunuh pacarmu
Saat dia cium bibir merahmu
Di depan kedua mataku
Hatiku terbakar jadinya cantik
Aku cemburu....
Ingin kubunuh pacarmu
Saat dia peluk tubuh indahmu
Di depan teman-temanku
Makan hati jadinya cantik
Aku....cemburu
*Meskipun aku pacar rahasiamu
Meskipun aku selalu yang kedua
Tapi aku manusia Yang mudah sakit hatinya
Mungkin memang nasibku
Yang selalu menunggu untuk jadi
Yang pertamaMungkin kukatakan
 kepadanya saja
Bahwa aku juga milikmu
Bahwa aku juga...u....u....u
Bahwa aku juga kekasih hatimu....
Back to:*
Ingin kubunuh pacarmu
Saat dia peluk tubuh indahmu
Di depan kedua mataku
Hatiku terbakar jadinya cantikAku cemburu...


 Kita semua pasti sudah pernah dengar nama band dewa 19 yang sudah sangat populer dikalangan anak muda ataupun oarng tua, dewa 19 termasuk group band yang sudah sangat terkenal dan sudah malang melintang di belantika musik Indonesia. Tetapi ada salah satu lagunya yang membuat kontroversi yaitu lagu cemburu, lagu ini menceritakan tentang seorang selingkuhan yang terbakar api cemburu karena selingkuhan dia bermesraan dengan pacarnya didepan hadapan dia  dan berniat untuk membunuh kekasih selingkuhanya tersebut dengan alasan cemburu. Lagu ini termasuk kontrofersial karena liriknya yang tidak sopan dan tidak pantas unutk dikatakan di muka umum. Kata kata dalam lagu ini banyak sekali yang memiliki arti negatif seperti bunuh, cium,dan peluk. Lagu ini juga sangat tidak cocok dengan budaya indonesia yang terkenal dengan ramah taman dan sopan santunnya, lagu ini juga menggambarkan kemesraan dua pasang kekasih di depan umum yang sangat tidak etis atau sopan di Indonesia.
Efek untuk para pendengarnyapun juga tidak baik apabila lagu ini didengarkan oleh anak di bawah umur maka akan menyebabkan efek yang negatif. Anak cenderung biasa mendengarkan kata kata kasar yang tidak baik untuk perkembangan anak tersebut, karena kecendrungan anak yang biasa mendengarkan sesuatu pasti akan menirunya dan memperaktekanya. Hal tersebut sangat tidak bagus untuk perkembanganya karena nantinya jadi terbiasa berbahasa yang tidak sopan. Dalam liriknya pun banyak hal yang tidak patut untuk di contoh para pendengarnya. Contohnya adalah perselingkuhan yang terjadi disebuah hubungan, hal tersebut adalah perbuatan yang tidak baik karena membohongi atau juga bis dibialng menghianati kepercayaan orang. Sikap dia yang ingin membunuh pacar selingkuhanya juga sangat tidak terpuji karena itu melanggar hukum dan norma norma yang ada di masyarakat.


perbaikan 


     Kita semua pasti sudah pernah dengar nama band Dewa 19 yang sudah sangat populer dikalangan anak muda ataupun orang tua, Dewa 19 termasuk group band yang sudah sangat terkenal dan sudah malang melintang di belantika musik Indonesia. Tetapi ada salah satu lagunya yang membuat kontroversi yaitu lagu cemburu, lagu ini menceritakan tentang seorang selingkuhan yang terbakar api cemburu karena selingkuhan dia bermesraan dengan pacarnya didepan dia  dan berniat untuk membunuh kekasih selingkuhanya tersebut dengan alasan cemburu.
   
   Lagu ini termasuk kontrofersial karena liriknya yang tidak sopan dan tidak pantas untuk dikatakan di muka umum apalagi banyak di perdengarkan di stasiun televisi dan radio . Kata kata dalam lirik lagu ini banyak sekali yang memiliki arti negatif seperti kata  bunuh, cium,dan peluk. Seperti yang ada pada lirik lagu berikut “Ingin kubunuh pacarmu Saat dia cium bibir merahmu Di depan kedua mataku” kata kata yang ada di lirik lagu ini kebanyakan mengandung makna yang negatif dan kurang bagus untuk dijadikan lirik dari sebuah lagu.
   
   Lagu ini juga sangat tidak cocok dengan budaya indonesia yang terkenal dengan ramah taman dan sopan santunnya.Orang indonesia seharunya bisa saling memaafka karena sudah mempunyai budaya bermusyawarah  .lagu ini juga menggambarkan kemesraan dua pasang kekasih di depan umum yang sangat tidak etis atau sopan di Indonesia. Lirik lagu ini menggambarkan budaya yang kebarat baratan dan jauh dari kebiasaan orang Indonesia.

   Efek untuk para pendengar juga tidak baik apabila lagu ini didengarkan oleh anak di bawah umur maka akan menyebabkan efek yang negatif. Anak cenderung biasa mendengarkan kata kata kasar yang tidak baik untuk perkembangan anak tersebut, karena kecendrungan anak yang biasa mendengarkan sesuatu pasti akan menirunya dan memperaktekanya. Hal tersebut sangat tidak bagus untuk perkembanganya karena nantinya jadi terbiasa berbahasa yang tidak sopan. Dalam liriknya pun banyak hal yang tidak patut untuk di contoh para pendengarnya. Contohnya adalah perselingkuhan yang terjadi disebuah hubungan, hal tersebut adalah perbuatan yang tidak baik karena membohongi atau juga bis dibialng menghianati kepercayaan orang. Sikap dia yang ingin membunuh pacar selingkuhanya juga sangat tidak terpuji karena itu melanggar hukum dan norma norma yang ada di masyarakat.




Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya ingin memberikan kritik dan saran terhadap tulisan Rifqi mengenai komentarnya terhadap lagu cemburu – Dewa 19. Pertama – tama saya melihat begitu banyaknya kesalahan penulisan kata – kata antara lain : kontrofersial seharusnya kontroversial, di perdengarkan seharusnya diperdengarkan, kata kata merupakan reduplikasi yang seharusnya diberi tanda setrip di tengah sebelum pengulangan kata dasar, penulisan yang benar adalah kata – kata, ramah taman seharusnya ramah tamah, memaafka seharusnya memaafkan, memperaktekanya seharusnya mempraktekkannya, bis dibialng seharusnya bisa dibilang, menghianati seharusnya mengkhianati dan norma norma merupakan reduplikasi yang seharusnya diberi tanda setrip di tengah sebelum pengulangan kata dasar, penulisan yang benar adalah norma – norma . Hal – hal mengenai teknis seperti ini seharusnya dapat dihindari dengan cara melakukan editing setelah semua penulisan selesai.

    Saya juga menemukan ketidak selarasan antara mind map dan pengembangannya. Pada pengembangan dijelaskan mengenai makna dan yang memopulerkan lagu tetapi pada mind map tidak terdapat gagasan tersebut. Lalu pada gagasan perbuatan tidak patut dicontoh memiliki sub bagian melanggar hukum dan perselingkuhan. Seharusnya kata melanggar hukum dapat diubah dengan keinginan membunuh orang lain sebab kata melanggar hukum kedudukannya tidak sejajar dengan kata perselingkuhan. Jika ingin menggunakan kata melanggar hukum yang didalamnya termasuk keinginan membunuh, maka kata perselingkuhan dapat diganti dengan kata melanggar kode etik atau norma masyarakat. Kemudian pada gagasan bahasa yang kurang sopan dapat diubah dengan kalimat aspek kebahasaan barulah dari gagasan tersebut memiliki sub bagian bahasa kurang sopan, tidak pantas dikatakan di muka umum, banyak mengandung konotasi negatif. Yang paling penting menurut saya pengembangan gagasan dari mind map masihlah sangat minim.

    Kiranya cukup sekian kritik dan saran yang dapat saya sampaikan . Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menulis tulisan yang jauh lebih baik lagi.

    BalasHapus
  4. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama Donna Aprillia (2115161230) no absen 5
    Ingin menomentari maid map yang sudah dituliskan oleh penulis (Rifqi Setia Putra)
    Kita semua pasti sudah pernah dengar nama band Dewa 19 yang sudah sangat populer dikalangan anak muda ataupun orang tua, Dewa 19 termasuk group band yang sudah sangat terkenal dan sudah malang melintang di belantika musik Indonesia. Tetapi ada salah satu lagunya yang membuat kontroversi yaitu lagu cemburu, lagu ini menceritakan tentang seorang selingkuhan yang terbakar api cemburu karena selingkuhan dia bermesraan dengan pacarnya didepan dia dan berniat untuk membunuh kekasih selingkuhanya tersebut dengan alasan cemburu (rencana atau konsep di dalam maid map tidak ada).
    Didepan penulisan salah karena depan merupakan kata tempat jadi penulisannya adalah di depan.
    lagu ini menceritakan tentang seorang selingkuhan yang terbakar api cemburu karena selingkuhan dia bermesraan dengan pacarnya didepan dia dan berniat untuk membunuh kekasih selingkuhanya tersebut dengan alasan cemburu. Namun pada lirik menyatakan bahwa sang penyanyi merupakan selingkuhan sang wanita yang sedang bersama pacar aslinya,
    Ingin kubunuh pacarmu, dalam lirik menyatakan kalau penyayi bukan pacar sang wanita *Meskipun aku pacar rahasiamu
    Meskipun aku selalu yang kedua (penyayi merupakan selingkuhan sang wanita) mungkin bisa diperbaiki dengan
    Lagu ini menceritakan tentang seorang selingkuhan yang terbakar api cemburu saat melihat pacarnya sedang berpacaran dengan pacar aslinya dan selingkuhan ini berniat untuk membunuh sang pacar asli.

    Pada maid map ada bagian efek untuk para pendengar penulis menuliskan biasa mendengarkan kata-kata kasar dan efek negaif (negatif) untuk pendengaran di bawah umur, mungkin bisa diperjelas dengan pengaruh lagu, positif(jika ada) dan negatif dan pengaruhnya bagi pendengar di bawah umur dan dewasa.
    Bahasa yang digunakan ( bisa diartikan menggunakan bahasa sehari-hari, bahasa daerah, bahasa resmi atau sebagainya) mungkin bisa diganti dengan menggunakan ketidaksesuaian kata dalam kalimat , penggunaan di depan umum dan kata-katanya mengandung unsure negatif.
    Perbaikan penulisan Orang indonesia (Indonesia). Memaafka (memaafkan). bis dibialng (bisa dibilang= dapat dikatakan).
    Sumber acuan (referensi) belum ada sehingga belum memperkuat komentar.
    Secara keseluruhan sudah cukup baik, maid map dibuat dengan warna, bentuk, dan tulisan yang menarik pembaca.
    Semoga bermanfaat
    Mohon maaf atas segala kesalahan
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaratuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)