Tugas Menulis Populer (26)

Nama  : Resti Novianti
No. Absen : 26
NIM : 2115160569
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Video Klip Dongeng

Dongeng – Naura

Aku, percaya serbuk ajaib
Berkilauan, ditiup ibu peri
Ada harta karun, tepat di ujung pelangi
Ada istana di atas awan
Ingin terbang kesana

(Neona) Kalau aku, percaya ada raksasa (Hiii...)
Makanannya anak kecil yang nakal
Di luas samudera, putri duyung bersenandung (lalalala)
Benarkah, ibu? Semua ada, dalam dunia ini?

(Ibu) Ada... kisah ini tercipta karena cinta
Indahnya, kan membuatmu bahagia
Temukan saja imajinasi lihatlah jauh dalam hatimu
Cinta, dongeng terindah dunia
(Neona) Lalu... (Lalu...)

Benarkah ada nenek sihir
(Ada, jika kamu tidak mau makan)
Mengerikan sambil membawa tongkat?
(makanya jangan nakal!)

Tujuh bidadari yang mencari selendangnya (di sungai)
Naga yang terbang (juga raksasa)
Mengepak sayap (hijau warna badannya)
Semua terasa nyata

(Ibu) Awas ada nenek sihir menyihirmu jika kamu nakal
Semua cerita kan mewarnai hidupmu
Ambil yang baik, buang yang buruk
Bebaskanlah khayalmu
(Naura, Neona, Ibu) kisah ini tercipta karena cinta

Indahnya kan membuatmu bahagia
Temukan saja, imajinasi
Lihatlah jauh dalam hatimu
Cinta, dongeng terindah dunia
Pilihlah saja imajinasi, lihatlah jauh dalam hatimu
Cinta, dongeng terindah dunia
(Ibu) Nah, Ney... sekarang percaya kalau ada nenek sihir?
(Neona) Ada...









Komentar Lagu Dongeng

Pada akhir-akhir ini industri musik sudah tidak diramaikan dengan hadirnya lagu anak-anak yang. Lebih banyak lagu dengan tema cinta kepada kekasih, sehingga tidak ada pesan moral yang disampaikan. Namun dengan kehadiran Naura sebagai penyanyi cilik sudah barang tentu menjadi obat rindu bagi industri musik, masyarakat dan tentunya bagi anak-anak yang rindu dengan lagu-lagu yang konteks liriknya pun sesuai dengan imajinasi anak. Salah satu lagunya adalah yang berjudul Dongeng.
Lagu Dongeng adalah lagu untuk anak-anak yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik Naura. Lagu ini sangat enak untuk didengarkan karena lagunya bernada indah namun ringan dan tidak monoton.  Naura bernyanyi bersama adiknya Neona, dan Ibunya, walaupun begitu Naura tetap mendominasi dalam lagu. Lagu yang mereka nyanyikan bukan hanya menyanyikan lirik saja namun terdapat pula dialog antara Neona dan Ibunya yang membuat lagu ini terasa begitu alami karena seperti ibu yang sedang memberitahukan nasihat kepada anaknya atau seperti anak yang sedang bertanya kepada ibunya. Dialog antara Neona dan Ibunya tetap menyatu dengan nada yang harmonis. Lagu dongeng ini menjadi sebuah lagu yang komunikatif.
Lagu ini berusaha menyampaikan kepada anak-anak untuk berimajinasi sesuai apa yang dirasakan dan harus dapat memilah hal-hal yang baik dan buruk. Pesan ini disampaikan melalui adanya dongeng-dongeng yang ditampilkan. Lagu ini juga berusaha menyatakan bahwa suatu cerita yang dibuat mempunyai tujuan terhadap anak, salah satu contohnya agar tidak nakal karena anak nakal akan dimakan raksasa.

Pada lagu Dongeng ini, tidak luput pula dari kekurangan. Kekurangannya terdapat pada video lagu ini. video lagu ini hanya menampilkan tayangan-tayangan foto bukan adegan para penyanyi. Lagu ini lebih sempurna jika Naura, Neona dan Ibunya beradegan sesuai dengan liriknya sehingga akan terasa lebih nyata.


Perbaikan Komentar Mind Map

Komentar Lagu Dongeng


Keadaan industri musik belakangan ini sudah tidak diramaikan lagi dengan hadirnya lagu anak-anak. Mayoritas lagu pada saaat ini yaitu lagu kesedihan, patah hati, kecewa, dan rasa frustasi serta lagu cinta kepada kekasih yang bukan untuk konsumsi anak-anak. Namun karena produksi lagu remaja yang tidak diimbangi oleh produksi lagu anak-anak, menyebabkan mereka menyanyikan atau mengkonsumsi lagu remaja tersebut yang tidak mengajarkan nilai-nilai di dalamnya. “Padahal lagu anak juga tidak kalah pentingnya karena bukan hanya sebagai hiburan, namun juga sebagai sarana penyampaian edukasi yang ampuh”, dilansir dari CNN Indonesia Student.
Lagu anak-anak kiranya mulai mengiprahkan kembali sayapnya dengan kemunculan penyanyi cilik bernama Adyla Rafa Naura Ayu atau yang kerap disapa Naura pada sekitar tahun 2014. Naura mulai dikenal saat lagu hitsnya Dongeng mulai melejit. Naura adalah anak pertama dari penyanyi tahun 90-an, Riafinola Ifani Sari atau Nola Be3. Bakat bermusiknya didapat dari sang ibu yang memliki suara yang indah. Oleh karena bakat bermusik yang dimilikinya, Naura bercita-cita mempunyai lagu sendiri, sehingga dirilislah lagu Dongeng.
Lagu Dongeng dari album dongeng yang dirilis pada tahun 2014. Naura tidak bernyanyi sendiri, melainkan bernyanyi juga bersama Ibunya  dan Anodia Shula Neona Ayu yaitu adiknya. Walaupun demikian, suara Naura tetap mendominasi dalam lagu. Suara Ibu dan Adik Naura diperlukan dalam lagu ini, karena di dalam lagu ini terdapat konsep lirik yang terdapat sebuah dialog antara Ibu dan Adiknya. Dialog yang dimaksud adalah dialog pertanyaan sederhana yang menanyakan kebenaran seputar dongeng-dongeng yang ada. Contohnya pada lirik baris ke 10 “Benarkah, ibu? Semua ada, dalam dunia ini?. (Ibu) Ada... kisah ini tercipta karena cinta”. Dengan adanya dialog tersebut menjadikan lagu Dongeng­ mempunyai keunikan tersendiri dan terasa komunikatif.
Kehadiran Naura sebagai penyanyi cilik sudah barang tentu menjadi obat rindu bagi industri musik, masyarakat, dan tentunya bagi anak-anak yang rindu dengan lagu-lagu anak dengan konteks lirik yang sesuai dengan imajinasi anak. Banyak anak-anak yang senang dan menggemari lagu-lagu Naura, salah satunya lagu Dongeng. Seperti yang dikatakan Nola saat konferensi pers Konser Dongeng Musikal Naura Ke-2 di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat (25/1), “Saya senang sekali kalau Naura lagi nyanyi dimana pun, misalnya di mall atau lagi show, gak pernah nyangka kalau anak-anak itu mau menyanyikan lagu Naura”. Tanggapan positif juga tentu berdatangan dari para orang tua, mereka tentu merasa sedikit lega karena anak-anak mereka bisa mendengarkan lagu yang sesuai dengan usianya yaitu lirik yang sesuai dengan imajinasi dan pemahaman anak-anak , bukan lagi lagu remaja.
Berkaitan dengan para penikmat musik, dalam sebuah lagu tentulah terdapat amanat atau pesan-pesan di dalamnya, begitupun lagu Dongeng. Lagu ini berusaha menyampaikan kepada anak-anak untuk berimajinasi, membebaskan khayal sesuai apa yang dirasakan oleh hati dan dilihat oleh mata dengan tidak lupa harus memilah hal-hal yang baik dan buruk. Pesan ini disampaikan melalui adanya dongeng-dongeng yang dimunculkan dalam liriknya. Lagu ini juga berusaha memberitahukan bahwa suatu cerita yang dibuat mempunyai tujuan terhadap anak. Selaras dengan yang dikatakan Bettelheim (1977:35), “Menurut sudut pandang psikologis, mite dan dongeng digambarkan sebagai model dari tingkah laku manusia dimana cerita ini memberi arti dan nilai pada kehidupan”. Misalnya, dongeng yang menceritakan bahwa anak yang nakal akan dimakan oleh raksasa, sebagaimana terdapat dalam lirik lagu ini. dongeng tersebut tentu mempunyai tujuan dan nilai hidup, bahwa menjadi seorang anak seharusnya bersikap baik dan tidak nakal karena pasti akan ada akibat yang akan diterimanya.
Selain untuk memberikan pesan atau amanat positif kepada para pendengarnya,  lagu Dongeng  ini mempunyai tujuan yang lebih besar dari itu. Lirik lagu yang menggunakan dongeng-dongeng yaitu bertujuan untuk memperkenalkan kembali-dongeng-dongeng yang ada, agar para anak-anak atau pendengar menjadi tahu cerita-cerita. Cerita-cerita yang menjadi dasar dalam penciptaan lagu Dongeng yaitu cerita peri, istana di atas awan, raksasa, putri duyung dan nenek sihir. 
Selain  untuk memperkenalkan kembali dongeng-dongeng, Menurut Murti Bunanta, dalam bukunya Penulisan Cerita Rakyat Untuk Anak di Indonesia (1998: 53), “cerita rakyat juga menambah kemampuan berbahasa dan meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra serta mengembangkan kesadaran tentang kebudayaan. Jadi tujuan lainnya yaitu dapat meningkatkan aspek kemampuan berbahasa anak dengan pembacaan dongeng-dongeng dan dapat mengapresiasi karya tersebut lewat lagu Dongeng ini”. Lirik lagu Dongeng yang menampilkan penggalan-penggalan dongeng bertujuan untuk mengenalkan dongeng-dongeng kepada pendengar dan diharapkan setelah mengetahuinya, pendengar membaca secara utuh cerita dongeng tersebut sehingga dapat menambah kemampuan berbahasa dan meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra serta mengembangkan kesadaran tentang kebudayaan.

Dari berbagai aspek lagu Dongeng yang telah di jelaskan, lagu Dongeng ini tidak luput dari kekurangan. Kekurangannya terdapat pada video lagu ini. video lagu ini hanya menampilkan tayangan-tayangan foto bukan adegan para penyanyi. Lagu ini akan lebih sempurna jika Naura, Neona dan Ibunya beradegan sesuai dengan liriknya sehingga akan terasa lebih nyata. Misalnya, ditampilkan ada anak yang berperilaku tidak baik lalu dari perbuatannya, anak tersebut mendapat akibatnya. Sehingga seseorang yang menonton terutama anak-anak menjadi paham bahwa tidak boleh berperilaku tidak baik.

Sumber :
Bunanta, Murti. 1998. Penulisan Cerita Rakyat Untuk Anak di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




Komentar

  1. Nama: Nindya Muna Pertiwi
    Saya akan mengomentari mind map dan penjelasannya yang telah dibuat oleh Resti.
    Dalam tulisan tersebut sudah baik, Resti jg memberikan beberapa referensi tulisan yang dapat memperkuat isi tulisan tersebut.
    Untuk dibagian 'tanggapan anak-anak' mungkin akan lebih baik jika anak-anak yang mendengarkan lagu Dongeng juga diwawancarai tentang perasaannya saat mendengarkan atau menyanyikan lagu Dongeng, apakah anak-anak mengerti maksud dari lirik lagu tersebut, dll. Tidak hanya melihat saat Naura si penyanyi menyanyikan lagu Dongeng dan anak-anak mengikuti menyanyi. Penulis tidak menggambarkan tanggapan ekspresi anak-anak.
    Dan untuk bagian 'memberikan perubahan dalam berbagai aspek anak dengan adanya lagu Dongeng' penulis tidak menjabarkan apa saja aspek-aspeknya, penulis hanya menjelaskan dari aspek berbahasa saja. Jika hanya aspek berbahasa yang diberikan, sebaiknya di dalam mind map dituliskan 'memberikan aspek berbahasa anak dengan adanya lagu Dongeng'.
    Mungkin itu saja yang dapat saya berikan komentar, terima kasih.

    BalasHapus
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama Donna Aprillia (2115161230) no absen 5
    Ingin menomentari maid map yang sudah dituliskan oleh penulis (Resti Novianti)
    “rasa frustasi” kata tersebut sudah tergambar dari kata kecewa yang sudah dituliskan sebelumnya sehingga mungkin kata tersebut bisa dihilangkan karena kata frustasi merupakan bahasa baku dari frustrasi yang merupakan rasa kecewa akibat kegagalan di dalam mengerjakan sesuatu atau akibat tidak berhasil dalam mencapai suatu cita-cita (KBBI).
    ”bukan untuk konsumsi anak-anak” mungkin lebih baik jika kata konsumsi diganti dengan diperdengarkan misalanya “bukan untuk diperdengarkan anak-anak”.
    “mulai mengiprahkan kembali” kata mengiprahkan sedikit sulit dimengerti karena kata tersebut belum ada di KBBI.
    ”yang kerap disapa” kata kerap lebih baik diganti dengan kata sering. “yang sering disapa” meskipun kata kerap memiliki makna sering, agar lebih mudah dipahami.
    “Dongeng mulai melejit” kata melejit sedikit sulit dipahami meskipun kita sudah dapat memaknakannya terkenal, di dalam KBBI kata melejit memiiki makna berlari (keluar dan sebagainya) dengan cepat melonjak dengan cepat atau memantiul, mental (tentang bola dan sebagainya) sedikit sulit dipahami mungkin yang lebih tepat melejit yaitu melonjak dengan cepat.
    ”Oleh karena bakat” dalam kata oleh yang kemudian kata karena kurang tepat mungkin kata oleh sebaiknya dihilangkan sehingga menjadi “karena bakat”.
    Di dalam maid map penulis menuiskan “profil penyanyi” tetapi di dalam komentar penulis hanya menyampaikan penyanyi dari lagu Dongeng yaitu bersama Ibu dan Adiknya mungkin bisa ditambahkan sedikit tentang biografi para penyanyinya seperti tanggal lahir dan sebagainya.
    ”Lagu ini juga berusaha menyatakan bahwa” mungkin lebih baik penulis menggunakan kata “ lagu ini ingin menyampaikan bahwa”
    Di dalam maid map penulis menuliskan “video penyanyi tidak berakting” mungkin bisa dijadikan menjadi video kekurangan dan kelebihannya.
    Di dalam urutan maid map penulis menuliskan amanat terlebih dahulu sebelum tanggapan namun pada komentarnya penulis lebih dulu menyampaikan tanggapan bukan amanat dari lagu.
    Secara keseluruhan penulis telah menyampaikan dengan baik, cukup lengkap, maid mapnya sudah bagus karena penggunaan warna dan, bentuk dan konsepnya (rancangan) menarik dan diperkuat dengan berbagai sumber acuan( rujukan,petunjuk) atau referensi.
    Semoga bermanfaat
    Mohon maaf atas segala kesalahan
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaratuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)