Tugas Menulis Populer (22)

Nama             : Mutia Ayu
NIM                 : 211516
Kelas              : 1 PB 1


Gosip Jalanan – Slank
Pernah kah lo denger mafia judi
Katanya banyak uang suap polisi
Tentara jadi pengawal pribadi

Apa lo tau mafia narkoba
Keluar masuk jadi bandar di penjara
Terhukum mati tapi bisa ditunda

Siapa yang tau mafia selangkangan
Tempatnya lendir-lendir berceceran
Uang jutaan bisa dapat perawan
Kacau balau ... Kacau balau negaraku ini ...

Ada yang tau mafia peradilan
Tangan kanan hukum di kiri pidana
Dikasih uang habis perkara

Apa bener ada mafia pemilu
Entah gaptek apa manipulasi data
Ujungnya beli suara rakyat

Mau tau gak mafia di senayan
Kerjanya tukang buat peraturan
Bikin UUD ujung-ujungnya duit

Pernahkah gak denger teriakan Allahu Akbar
Pake peci tapi kelakuan barbar
Ngerusakin bar orang ditampar-tampar
 


Komentar :
Negara Indonesia sebagai negara demokrasi menjamin hak  masyarakatnya untuk menyampaikan aspirasinya. Dalam menyuarakan aspirasi itu pun masyarakat memiliki cara yang beragam. Namun, di era globalisasi ini pikiran masyarakat Indonesia sudah semakin luas dan kreatif , cara – cara anarkis dianggap sudah tidak efisien. Para musisi di Indonesia pun sudah mulai menjadikan karyanya sebagai media untuk menyampaikan aspirasinya.. Salah satu band di yang seringkali membuat karya – karya yang mengkritik masalah sosial dan politik di Indonesia adalah grup Band Slank. Sebagai salah satu band yang memiliki jumlah penggemar fanatik terbesar di Indonesia pun tidak dapat dipungkiri bahwa  kritik – kritik yang disampaikan melalui lirik oleh Slank dapat berpengaruh besar untuk membawa perubahan dan disegani oleh pemerintah yang seringkali merasa tersindir dengan karya – karya yang di buat oleh Slank. Salah satu yang mengkritik keadaan hukum di Indonesia ialah lagu yang berjudul “Gosip Jalanan”
            Lagu dengan judul “Gosip Jalanan” walaupun ditulis dengan lirik yang sederhana namun tetap dapat menyentil berbagai instansi pemerintahan. Lagu ini mencoba menguak kebobrokan negara ini dengan membicarakan fenomena – fenomena yang dianggap telah menjadi rahasia umum, yaitu ketika uang dapat membeli hukum di Indonesia dan begitu banyaknya mafia di negara ini. Menurut drummer slank latar belakangnya dibuat lagu ini ialah sesuai dengan judulnya yaitu gosip maka yang dilontarkan gosip – gosip yang beredar di masyarakat, yang bertujuan untuk memastikan benar atau tidaknya gosip – gosip tersebut dan didasari ketidal inginan negara ini menjadi negara mafia.
                          
            Walaupun lagu ini bersifat mengkritisi, dari segi kebahasaan beberapa pilihan kata masih bersifat terlalu kasar. Di, akhir lirik lagu ini pun cenderung mengarahkan kepada agama tertentu. Namun, lagu ini nampaknya sangatlah mewakili seluruh aspirasi rakyat Indonesia yang sudah hilang rasa kepercayaannya kepada instansi – instansi pemerintahan, ketika hukum sudah semakin tajam kebawah dan tumpul ke atas sehingga orang yang bersalah belum tentu mendapatkan hukum yang setimpal atau bahkan dapat melenggang bebas dari hukumannya dan bersenang – senang dengan harta yang dimilikinya. Hingga orang – orang yang tidak memilki banyak uang pun dianggap tidak memiliki daya dan upaya di mata hukum. Bahkan agama pun kini banyak yang menjadikannya sebagai pedoman hidup melainkan hanya sebagai alat untuk melaksanakan kepentingan pribadi atau kelompok.
            Nampaknya di Indonesia harus lebih banyak lagi musisi – musisi yang memerhatikan dan mengkritisi kinerja pemerintah, agar para pemuda negeri ini pun tetap peduli akan keadaan politik di negaranya. Pemerintah pun akan merasa selalu diawasi oleh rakyatnya dan selalu merasa memiliki rasa tanggung jawab untuk menyejahterakan rakkyatnya sehingga kekuasaan tertinggi benar – benar berada di tangan rakyat . 

Perbaikan:
 


        Negara Indonesia sebagai negara demokrasi menjamin hak  masyarakatnya untuk menyampaikan aspirasinya. Tidak terkecuali aspirasi mengenai sosial dan politik. Dalam menyuarakan aspirasi itu pun masyarakat memiliki cara yang beragam.Salah satunya ialah melalui musik . Musik memang tak melulu berfungsi sebagai hiburan. Musik seringkali berfungsi sebagai sebagai kritik sosial dan bisa memberikan kritik sosial dan bisa memberikan pengaruh sosial-poiltik yang kuat (Liputan 6 : 2014). Musik memang dianggap sangat berpengaruh dalam dunia politik. Mengingat pada kenyataannya masyarakat akan lebih berkumpul melalui adanya penampilan musik yang dijanjikan (Mediapublica.co)
            Salah satu band di Indonesia yang seringkali membuat karya – karya yang mengkritik masalah sosial dan politik di Indonesia adalah grup Band Slank. Slank merupakan salah satu band yang memiliki jumlah penggemar fanatik terbesar di Indonesia yang diberi nama slankers. Sampai saat ini jumlah para Slankers Indonesia disebut-sebut mencapai setengah juta orang (Tempo.co). Tidak dapat dipungkiri bahwa  kritik – kritik yang disampaikan melalui lirik oleh Slank dapat berpengaruh besar untuk membawa perubahan dan disegani oleh pemerintah yang seringkali merasa tersindir dengan karya – karya yang di buat oleh Slank. Salah satu yang mengkritik keadaan hukum di Indonesia ialah lagu yang berjudul “Gosip Jalanan”.
            Lagu dengan judul “Gosip Jalanan” walaupun  ditulis  dengan lirik yang sederhana namun tetap dapat menyentil berbagai instansi pemerintahan. Terbukti dengan gugatan DPR kepada Slank yang dianggap menghina instansi tersebut (Kompas). Lagu ini mencoba menguak kebobrokan negara ini dengan membicarakan fenomena – fenomena yang dianggap telah menjadi rahasia umum, yaitu ketika uang dapat membeli hukum di Indonesia dan begitu banyaknya mafia di negara ini. Menurut drummer slank latar belakangnya dibuat lagu ini ialah sesuai dengan judulnya yaitu gosip maka yang dilontarkan gosip – gosip yang beredar di masyarakat, yang bertujuan untuk memastikan benar atau tidaknya gosip – gosip tersebut dan didasari ketidal inginan negara ini menjadi negara mafia (Majalah tempo : 2008)
            Walaupun lagu ini bersifat mengkritisi, dari segi kebahasaan beberapa pilihan kata masih bersifat terlalu kasar. Di akhir lirik lagu ini pun cenderung mengarahkan kepada agama tertentu. Namun, lagu ini nampaknya sangatlah mewakili seluruh aspirasi rakyat Indonesia yang sudah hilang rasa kepercayaannya kepada instansi – instansi pemerintahan. Ketika hukum sudah semakin tajam kebawah dan tumpul ke atas sehingga orang yang bersalah belum tentu mendapatkan hukum yang setimpal atau bahkan dapat melenggang bebas dari hukumannya dan bersenang – senang dengan harta yang dimilikinya. Bahkan agama pun kini banyak yang menjadikannya sebagai pedoman hidup melainkan hanya sebagai alat untuk melaksanakan kepentingan pribadi atau kelompok.
            Nampaknya di Indonesia harus lebih banyak lagi musisi – musisi yang memperhatikan dan mengkritisi kinerja pemerintah. Agar para pemuda negeri ini pun tetap peduli akan keadaan politik di negaranya. Pemerintah pun akan merasa selalu diawasi oleh rakyatnya dan selalu merasa memiliki rasa tanggung jawab untuk menyejahterakan rakkyatnya. Sehingga kekuasaan tertinggi benar – benar berada di tangan rakyat .

Komentar

  1. Nama : Elsa Monica
    NIM : 2115161273

    Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan komentar tentang artikel yang anda buat. Secara keseluruhan saya menyukai artikel yang anda buat, saya menyukai topi yang ada pilih lalu tuliskan. Bagi saya public figure lah yang harus menyentil penguasa tak bertanggung jawab lewat karyanya, dan saya juga setuju harus lebih banyak lagi public figure yang melakukan seperti itu. Tapi bagi saya ada satu kekurangan yang terlihat sangat jelas dalam artikel anda, kesalahan pengetikan yang terjadi lumayan banyak dan harus benar-benar di perhatikan secara seksama. Selebihnya saya suka, dengan bukti kuat, yaitu dari sumber media cetak, membuat artikel yang anda buat semakin kuat, hanya saja saran saya, jangan terlalu mengikuti media cetak, karena, media cetak/online lainnya itu hanya sebagai sumber refrensi.

    BalasHapus
  2. Nama : Rani Rurmiati
    NIM. : 2115160156

    Saya akan memberikan sebuah tanggapan tentang yang Anda bicarakan mengenai lirik lagu Slank yaitu gosip jalanan. Saya setuju dengan komentar yang Anda berikan tentang hubungan antara musik dan politik. Tentu suatu hal yang biasa saat ini jika dilihat banyak sekali musik Indonesia yang kini menyinggung sistem politik, misalnya saja lagu Slank ini. Dan setiap pendapat tentu mempunyai medianya masing masing sesuai dengan keinginan setiap individu asalkan tidak menyalahi atau melenceng dari peraturan yang telah ditetapkan. Misalnya lewat musik, setiap orang tentu dengan kreativitasnya akan leluasa memberikan tanggapannya.

    Selain itu tanggapan yang cukup kritis Anda sampaikan dengan mengomentari lirik dari berbagai aspek misal segi kebahasaan, makna serta latar belakang lagu. Tentu pembaca akan lebih memiliki wawasan tentang lagu ini yakni mengenai segala aspek yang Anda jelaskan. Apalagi, Anda menggunakan referensi yang bisa menguatkan argumen yang telah dituliskan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)