Tugas Menulis Populer (1)

Nama: Bella Puteri

No. Absen:1

NIM : 2115161841

Prodi: Pendidikan Bahasa Indonesia
Risalah Hati – Dewa 19

Hidupku tanpa cintamu
Bagai malam tanpa bintang
Cintaku tanpa sambutmu
Bagai panas tanpa hujan
Jiwaku berbisik lirih
Kuharus memilikimu

Reff:
Aku bisa membuatmu
Jatuh cinta kepadaku
Meski kau tak cinta kepadaku beri sedikit waktu
Biar cinta datang karena telah terbiasa

Simpan mawar yang kuberi
Mungkin wanginya mengilhami
Sudikah dirimu untuk kenali aku dulu
Sebelum kau ludahi aku
Sebelum kau robek hatiku



Komentar :
Dalam lagu ”Risalah Hati” liriknya terlalu memaksa seseorang untuk bisa mencintai orang itu. Pada lirik “sebelum kau ludahi aku“ mungkin bagi sebagian orang terdengar kasar, meskipun itu hanya kiasan, apalagi pada masa sekarang ini juga banyak anak-anak mendengar lagu orang dewasa. Bagi mereka yang masih kecil pasti masih salah persepsi dengan lirik itu. Mereka beranggapan seperti dihina dengan air liur. Memang lagu ini termasuk lagu lama tapi tidak menutup kemungkinan banyak anak-anak mengetahui lagu ini. Sebaiknya saat membuat lagu ini, jika ingin memakai kalimat kiasan gunakanlah kata-kata yang tidak terlalu kasar, agar bisa di perdengarkan dan juga mudah dimengerti oleh berbagai kalangan.






Perbaikan :
Dewa 19 sempat vakum dari musik Indonesia di karenakan salah satu anggota bandnya ketergantungan terhadap narkoba dan grup band ini mengalami perpecahan. Namun, pada tahun 2000, Dewa kembali muncul dengan formasi baru. Pada tahun ini pula Dewa merilis album yang bertajuk “Bintang Lima”. Dalam album ini terdapat 11 materi lagu. Salah satu lagu terfavorit dari album ini adalah lagu “Risalah Hati”. Lagu “Risalah Hati” ini di buat oleh Ahmad Dhani untuk menggambarkan perasaan seseorang terhadap kekasihnya yang tidak membalas perasaannya, namun dia tetap ingin berusaha untuk mendapatkan hati kekasihnya tersebut.
    Salah satu lagu Dewa 19 yang berjudul “Risalah Hati” merupakan lagu yang sangat terkenal dan terfavorit. Risalah Hati mempunyai makna surat dari hati. Maksudnya, dalam lagu ini seorang pria ingin menyampaikan perasaannya terhadap wanita yang ia cintai. Lagu ini di ciptakan oleh Ahmad Dhani. Hampir semua lagu-lagu Dewa 19 di ciptakan oleh Ahamd Dhani. Dalam membuat lagu Ahamd Dhani sering mengggunakan kata-kata kiasan atau majas lainnya, yang terkadang ada orang-orang yang tidak mengerti maksudnya, salah satunya pada lagu Risalah Hati ini ada beberapa lirik lagu yang memakai kiasan dan majas. Selain ada majas atau kiasan pada lirik lagu ini, lagu ini juga memiliki amanat yaitu, jika ada seseorang yang menyimpan perasaan terhadap kita sebaiknya kita menghargainya. Menghargai usahanya, menghargai apapun yang telah di berikan dia dan coba untuk mengenal seseorang itu lebih dekat lagi.
    Dalam lirik lagu ini memang ada beberapa lirik yang memakai kiasan dan juga majas. Seperti lirik “bagai malam tanpa bintang”, “bagai panas tanpa hujan” memakai majas asosiasi atau perumpamaan. Lirik “jiwaku berbisik lirih” memakai majas personifikasi. Lirik “sebelum kau ludahi aku”, “sebelum kau robek hatiku” memakai majas sarkasme. Adapun lirik yang memakai kiasan seperti pada lirik “simpan mawaryang ku beri mungkin wanginya mengilhami”.
    Semua orang pasti menyukai musik. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa. Namun, memang ada beberapa musik yang bisa di perdengarkan oleh semua umur, tapi ada juga yang seharusnya hanya di dengarkan oleh umur-umur tertentu. Seperti lagu “Risalah Hati”, ada beberapa lirik lagu bagi sebagian kalangan terdengar kasar, terutama untuk kalangan anak-anak. Lirik ‘sebelum kau ludahi aku” itu sebenarnya hanya majas, namun jika anak-anak yang belum mengerti pastilah mereka beranggapan bahwa lirik itu seperti dihina dengan air liur. Sedangkan untuk kalangan remaja dan dewasa sudah pasti mereka bisa mengerti bahwa ini hanya sebuah majas atau kiasan. Memang lagu ini termasuk lagu lama, tapi tidak menutup kemungkinan banyak anak-anak yang mengetahui lagu ini entah itu dari televisi,radio atau sebaginya. Sebaiknya, saat membuat lagu ini pengarangnya bisa menggunakan kata-kata kiasan atau majas yang tidak terlalu kasar agar bisa di perdengarkan oleh berbagai kalangan. Selain itu, orang tua juga harus ikut berperan untuk bisa memilih-milih mana lagu-lagu yang pantas di perdengarkan kepada anak-anak.
https://www.youtube.com/watch?v=J6i53rCB0y8

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Dewa_19
https://id.wikipedia.org/wiki/Kata_kiasan 

http://rohmatullahh.blogspot.co.id/2013/09/PengertianMajasContohMacam-macamMajas.html 


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Dalam mengomentari lagu Risalah Hati karya Dewa 19, penulis sudah mengomentari dengan cukup baik. Paragraf yang ia buat sudah menjadi kesatuan utuh dan padu sesuai dengan mind map yang di lampirkannya. Namun tetap ada beberapa kekurangan penulis dalam mengomentari lagu Risalah Hati karya Dewa 19 tersebut, seperti penulisan tanda baca yang kurang tepat dan tidak pada tempatnya (ex: tanda koma (,)). Salah satunya terdapat dalam kalimat "dalam membuat lagu Ahamd Dhani sering mengggunakan" seharusnya setelah kata lagu di bubuhkan tanda baca koma (,). Lalu penulispun menuliskan beberapa kali penjelasan yang di ulang. Pada awal paragraf sudah di jelaskan bahwa lagu bertajuk Risalah Hati ini termasuk salah satu lagu favorit dan bertemakan tentang penyampaian perasaan seseorang terhadap orang lain, namun penulis membahasnya kembali di paragraf kedua. Setelah itu penulis kurang teliti dan memeriksa ulang hasil komentarnya, sehingga banyak tulisan yang kata-katanya kurang rapih dan benar. Adapun saat penulis mengomentari mengenai majas, alangkah baiknya di jelaskan apakah makna dari majas dan kiasan kalimat tersebut, bukan hanya jenis majasnya saja.

    Nama : Qonitah
    NIM : 2125110853

    BalasHapus
  3. Nama : imaduddin
    Nim : 2115162032

    Menurut saya, tulisan diatas sudah cukup baik karena sudah memperhatikan kaidah-kaidah penulisan kesatuan dan perpaduan. Tulisan diatas sudah menjabarkan apa yang ada pada mind map penulis. Namun dalam penjabaran penulis terdapat kekurangannya seperti ketika penulis membahas tentang pencipta lagu yang menggunakan bahasa kiasan dan juga majas, alangkah lebih baiknya jika penulis bisa memaparkan apa arti atau makna yang terkandung dari lirik-lirik yang mengandung bahasa kiasan dan juga majas.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)