Tugas Menulis Populer (21)

Nama             : Muh. Ryandito F A.
NIM                 : 2115162507
Kelas              : 1 PB 1

Virgoun – Surat Cinta Untuk Starla

ku tuliskan kenangan tentang
caraku menemukan dirimu
tentang apa yang membuatku mudah
berikan hatiku padamu

takkan habis sejuta lagu
untuk menceritakan cantikmu
kan teramat panjang puisi
tuk menyuratkan cinta ini

telah habis sudah cinta ini
tak lagi tersisa untuk dunia
karena telah ku habiskan
sisa cintaku hanya untukmu

aku pernah berpikir tentang
hidupku tanpa ada dirimu
dapatkah lebih indah dari
yang ku jalani sampai kini

aku selalu bermimpi tentang
indah hari tua bersamamu
tetap cantik rambut panjangmu
meskipun nanti tak hitam lagi

bila habis sudah waktu ini, tak lagi berpijak pada dunia
telah aku habiskan sisa hidupku hanya untukmu
dan telah habis sudah cinta ini, tak lagi tersisa untuk dunia
karena telah ku habiskan sisa cintaku hanya untukmu, untukmu, hidup dan matiku

bila musim berganti sampai waktu terhenti
walau dunia membenci, ku kan tetap di sini

bila habis sudah waktu ini, tak lagi berpijak pada dunia
telah aku habiskan sisa hidupku hanya untukmu
dan telah habis sudah cinta ini, tak lagi tersisa untuk dunia
karena telah ku habiskan sisa cintaku hanya untukmu
karena telah ku habiskan sisa cintaku hanya untukmu

Seperti yang kita tahu, lagu atau musik merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dan lagu diatas yaitu “Surat Cinta Untuk Starla” merupakan lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Virgoun. Virgoun sendiri merupakan seorang penulis lagu dan vokalis dari band Last Child. Lagu ini diciptakan oleh Virgoun di awal tahun 2016 dan Starla merupakan nama anak pertama Virgoun.
Lagu ini menggambarkan tentang kekaguman yang luar biasa terhadap seseorang hingga tak mampu lagi untuk menjelaskan kekagumannya tersebut, seperti tergambar pada bait kedua yaitu “takkan habis sejuta lagu, untuk menceritakan cantikmu, kan teramat panjang puisi, tuk menyuratkan cinta ini’.
            Lalu pada bait kelima, yaitu “aku selalu bermimpi tentang, indah hari tua bersamamu, tetap cantik rambut panjangmu, meskipun nanti tak hitam lagi”. Dalam bait ini menurut saya bermakna bahwa cinta yang tulus tidak memandang fisik, sesorang yang tulus mencintai pasangan wanitanya akan tetap menganggap pasangannya cantik meskipun sudah berumur dan fisiknya tidak secantik ketika muda.
            Selanjutnya pada bait ketujuh, “bila musim berganti, sampai waktu terhenti, walau dunia membenci, ku kan tetap di sini”. Pesan yang saya tangkap dari bait ini adalah ketika kita mencintai seseorang, cintailah dengan setulusnya, tak peduli apapun yang terjadi, tetap pertahankan cinta tersebut.
            Tetapi yang saya sedikit bingung adalah, Starla merupakan nama anak pertama dari Virgoun, sang penulis lagu, tetapi lirik dari lagu Surat Cinta Untuk Starla menggambarkan bahwa lagu tersebut ditujukan kepada pasangan wanita penulis lagu, bukan kepada anaknya.
Tetapi yang patut saya apresiasi adalah lagu ini easy listening dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tetapi tetap puitis dan memiliki makna yang dalam, dan juga terdapat beberapa pesan moral dari penulis lagu yang dapat kita terapkan dalam kehidupan.



Komentar

  1. Nama : Fahmi Basya (8)
    NIM : 2115162025

    Pengembangan mind map yang dilakukan M. Ryandito menjadi sebuah paragraf secara keseluruhan sudah cukup baik, namun ada beberapa hal perlu dikomentari mengenai peluasan pengembangan mind map, kepaduan mind map dengan paragraf serta sumber referensi.
    Dalam mind map yang dibuatnya Ryandito membagi pembahasan ke dalam empat pokok, yakni pesan moral dalam lagu, keindahan dan kedalaman lagu, identitas penyanyi dan pencipta lagu, dan latar belakang lagu. Sangat disayangkan dari masing-masing pokok bahasan, M. Ryandito tidak membagi lagi menjadi sub-subpokok bahasan. Padahal apabila dibagi lagi menjadi beberapa subpokok, akan menambah kaya kalimat dan informasi yang ada. Masalah selanjutnya adalah mengenai kepaduan mind map dengan paragraf. Ada beberapa pokok bahasan dalam mind map yang belum dikembangkan dengan baik di dalam paragraf. Contohnya pada paragraf satu yang menjelaskan "identitas penyanyi dan pencipta" belum ditemukan informasi yang sesuai. Apabila M. Ryandito ingin membahas identitas penyanyi dan pencipta lagu, seharusnya lebih menekankan kepada biodata dan profil. Terlebih lagi pada paragraf tersebut terdapat ketidakpaduan isi pada bagian akhir, karena pada kalimat ketiga dalam paragraf itu membahas tentang "siapa Virgoun" sedangkan kalimat selanjutnya membahas tentang "latar belakang Virgoun menciptakan lagu". Selain itu pembahasan mengenai pesan moral dan keindahan serta kedalaman lagu belum dibahas sepenuhnya. Hal-hal kecil yang menurut kita sepele seperti ini justru dapat menjadi kerikil bagi kita dalam kegiatan menulis, karena pada hakikatnya sebuah mind map adalah konsep dari sebuah paragraf yang akan kita buat. .Apabila konsep dengan pengembangan tidak sesuai, pasti akan menimbulkan kekeliruan dari pembaca. Hal terakhir yang ingin Saya komentari adalah masalah sumber referensi. Dalam pengembangannya tidak ditemukan sumber referensi yang kuat dalam pembahasan. Padahal seorang pembaca dapat percaya atau tidaknya suatu tulisan dapat dilihat dari sumber referensinya.

    BalasHapus
  2. Nama : Rani Rurmiati
    NIM. : 2115160156

    Saya akan memberikan tanggapan tentang komentar yang Anda berikan terhapad lagu Virgoun yaitu surat cinta untuk starla. Jika dilihat dari beberapa aspek yang Anda tanggapi antara lain dari segi identitas penyanyi, latar belakang lagu, keindahan lagu dan juga pesan moral tentu bisa dibilang tanggapan Anda sudah mencakup keseluruhan komentar yang lengkap. Tetapi, jika dibaca keseluruhan komentar maka terdapat beberapa ketidaklengkapan atau ketidaksesuaian terhadap minder map yang telah Anda buat. Identitas penyanyi misalnya, tidak secara lengkap Anda jabarkan. Anda hanya menuliskan Virgoun sebagai pengarang lirik lagu serta penyanyi tersebut. Dan dalam penulisan latar belakang yaitu Anda mengatakan bahwa " lagu ini dinyanyikan untuk anak pertama Virgoun, tetapi lirik seolah tidak menggambarkan hal tersebut" seharusnya Anda tambahkan sebuah sumber atau referensi yang dapat menguatkan argumen Anda itu.

    Hal lainnya seperti pesan moral yang Anda tuliskan saya setuju dan suka yaitu " Jika mencintai seseorang maka kita harus pertahankan cinta tersebut".

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)