Tugas Menulis Populer (20)


Nama   : Mochammad Afi Nur Rizqi

Kelas   : 1 PB 1

NIM    : 2115162642

No Absen   : 20

D'MASIV - Rindu Setengah Mati



Aku ingin engkau ada disini

Menemaniku saat sepi

Menemaniku saat gundah



Berat hidup ini tanpa dirimu

Ku hanya mencintai kamu

Ku hanya memiliki kamu



Aku rindu setengah mati kepadamu

Sungguh ku ingin kau tahu

Aku rindu setengah mati



Meski tlah lama kita tak bertemu

Ku slalu memimpikan kamu

Ku tak bisa hidup tanpamu



Aku rindu setengah mati kepadamu

Sungguh ku ingin kau tahu

Ku tak bisa hidup tanpamu

Aku rindu




Musik merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Di Indonesia banyak sekali genre musik yang berkembang. Namun genre pop merupakan genre yang paling banyak peminatnya. Karena diasumsikan genre tersebut sangat mudah didengar dan terlalu susah untuk kita dengar. Band yang bergenre pop di Indonesia tiap tahun semakin banyak. Salah satunya yaitu Dmasiv.

Lagu diatas merupakan salah satu karya band Dmasiv yang mulai populer pada tahun 2010. Lagu ini masuk dalam album perjalanan milik Dmasiv, dimana lagu ini muncul dalam satu album bersama lagu hits lainnya seperti Jangan Menyerah, Sudahi Perih Ini, Apa Salahku dan lagu populer lainnya milik Dmasiv. Lagu ini termasuk dalam genre pop dan memiliki jenis melow. Lagu ini cocok untuk seseorang yang sangat rindu kepada kekasihnya. Karena lagu yang diciptakan oleh Ryan Dmasiv ini merupakan gambaran tentang seseorang yang sangat rindu terhadap orang yang sangat berarti dalam kehidupannya. Ia merasa bahwa dirinya tidak dapat hidup tanpa dia (orang yang sangat berarti) dalam kehidupannya. Dalam penuliasan liriknya seolah seseorang yang ingin kekasihnya selalu ada didekatnya, untuk selalu menemani dirinya yang dirasa tak bakal sanggup apabila kekasihnya tidak bersamanya. Pada awal kemunculannya lagu ini langsung menuai perhatian oleh penikmat musik di Indonesia.
Penulisan lagu “Rindu Setengah Mati” sangat simpel. Pemilihan kata yang digunakan dalam lagu ini sangat simpel dan lagu ini tidak menggunakan kata kata kiasan, sehingga lagu ini sangat mudah untuk dipahami oleh para pendengarnya.

Keselarasan lirik denga video klipnya dirasa sangat pas dengan maksud pencipta menuliskan lirik tersebut. Dalam video klip terlihat bahwa seseorang yang sedang resah karena seorang kekasihnya kini tak lagi bersamanya. Namun ada suatu kejanggalan karena pada bagian awal nampak seseorang laki-laki yang sedang resah karena ditinggal kekasihnya, namun pada bagian akhir video klip lagu ini terlihat bahwa seorang perempuan yang seolah membayangkan sosok laki laki yang dulu pernah ada dalam hipupnya yang kini sudah didalam dunia yang berbeda. Sehingga polemik tentang presepsi lagu ini pun mulai muncul. Apakah lagu ini diciptakan untuk sekadar menggambarkan seseorang yang rindu terhadap kekasihnya saja yang sekarang sudah bersama kekasih barunya, atau menggambarkan seseorang yang kini sudah ditinggal kekasihnya untuk selama lamanya.

PERBAIKAN


Musik merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Di Indonesia banyak sekali genre musik yang berkembang. Salah satunya yaitu musik bergenre pop. Musik dengan genre pop merupakan genre yang paling banyak peminatnya. Karena musik bergenre pop tersebut memiliki irama musik yang merangkul seluruh kalangan, tidak seperti musik metal yang pada umumnya hanya digemari para kaum lelaki saja serta tidak terlalu susah untuk kita dengar.
Band yang bergenre pop di Indonesia tiap tahun semakin banyak. Salah satunya yaitu Dmasiv. Dmasiv merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang berdomisli di Jakarta. Anggotanya 5 orang yaitu Rian Ekky Pradipta (vokal), Dwiki Aditya Marsall (gitaris), Nurul Damar Ramadan (gitaris), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bass), dan Wahyu Piadji (drum). Nama Dmasiv sudah disejajarkan dengan band-band "papan atas" Indonesia seperti Ungu, Nidji, atau Peterpan karena popularitas lagu-lagu mereka. Album yang diciptakan oleh band ini banyak menuai prestasi dalam dunia permusikan Indonesia yaitu berhasil meraih Double Platinum RBT Awards dalam album Perubahan, Multi Platinum RBT Awards, dalam album Special Edition, Video Klip Terdahsyat, Dahsyatnya Awards 2010 yang diraih atas video klipnya dengan judul lagu Jangan Menyerah, Lagu Terbaik, AMI Awards 2010 dengan judul lagu Jangan Menyerah, Group Band Terbaik, AMI Awards 2010, serta karya Produksi Terbaik Terbaik, AMI Awads 2010  Lagu diatas merupakan salah satu karya band Dmasiv yang mulai populer pada tahun 2010.
Salah satu lagu yang diciptakan oleh band Dmasiv yaitu lagu yang berjudul Rindu Setengah Mati. Sesuai dengan aliran band Dmasiv, lagu ini merupakan lagu dengan gendre pop dan berjenis melow. Lagu Rindu Setengah Mati diawal kemunculannya sangat mencuri perhatian penikmat musik di Indonesia, dikarenakan muncul disaat yang tepat. Dimana musik dengan genre pop dengan jenis melow di Indonesia sedang sangat diminati oleh para penikmat musik Indonesia.
Lagu Rindu Setengah Mati masuk dalam album Perjalanan milik Dmasiv, dimana lagu ini muncul dalam satu album bersama lagu hits lainnya seperti Jangan Menyerah, Sudahi Perih Ini, Apa Salahku dan lagu populer lainnya milik Dmasiv. Lagu ini diciptakan oleh Rian (Vokalis) Dmasiv. Seperti yang kita ketahui bahwa Rian merupakan salah satu musisi tanah air juga yang cukup banyak menciptakan lagu. Bahkan bukan hanya menciptakan lagu untuk band sendiri yaitu Dmasiv, namun juga beberapa kali menciptakan lagu untuk temannya yang notabene masih dalam satu lebel / satu produksi dengan Dmasiv. Lagu ini populer pada tahun 2010. Pada tahun 2010 dapat dikatakan tahun emasnya band ini (Dmasiv), karena pada tahun tersebut hampir semua lagu dalam album perjalanan menempati posisi teratas dalam beberapa stasiun radio di Indonesia dan juga acara musik di stasius TV swasta.
Lagu ini cocok untuk seseorang yang sangat rindu kepada kekasihnya. Sesuai dengan lirik lagunya  Aku rindu setengah mati kepadamu Sungguh ku ingin kau tahu Aku rindu setengah mati” merupakan gambaran tentang seseorang yang sangat rindu terhadap orang yang sangat berarti dalam kehidupannya. Ia merasa bahwa dirinya tidak dapat hidup tanpa dia (orang yang sangat berarti) dalam kehidupannya. Dalam penuliasan liriknya seolah seseorang yang ingin kekasihnya selalu ada didekatnya, untuk selalu menemani dirinya yang dirasa tak bakal sanggup apabila kekasihnya tidak bersamanya. Dengan latar belakang penciptaanya tersebut lagu ini mewakili persis perasaan anak muda pada zamannya yang sedang tergila-gila akan dunia percintaan. Faktor tersebut merupakan salah satu alasan juga mengapa lagu ini sangat popular dan banyak diminati oleh para penikmat musik.
            Penulisan lagu Rindu Setengah Mati bisa dikatakan sangat simple. Karena dalam penulisan lirik di lagu ini menggunakan kata yang sangat simple. Selain itu setiap baitnya menggunakan kalimat yang tidak menggunakan kalimat perumpamaan. Sehingga lagu ini sangat mudah didengar dan dipahami oleh para pendengarnya. Namun dalam segi kebahasaan lagu ini kurang memiliki tantangan. Dikarenakan penulisannya yang sangat simple sehingga tidak ada tantangan tersendiri untuk memahami isi dari lagu ini. Namun hal tersebut nampaknya bukan suatu masalah untuk populernya lagu tersebut. Karena sebagian besar penikmat musik di Indonesia kini lebih memilih lagu dengan lirik yang dapat dengan mudah untuk dipahami daripada lagu dengan lirik yang memiliki banyak majas sehingga haru berfikir lebih dalam untuk memahami isi ataupun makna lagu tersebut.
            Populernya lagu tidak hanya akibat dari liriknya saja. Namun juga penunjang lain, yaitu dengan memproduksikannya video klip untuk setiap lagu. Video klip juga sangat berperan penting karena itu merupakan visualisasi dari makna lagu yang dihasilkan. Video klip lagu Rindu Setengah Mati memiliki keselarasan antara lirik denga video klipnya yang dirasa sangat pas dengan maksud pencipta menuliskan lirik tersebut. Dalam video klip terlihat bahwa seseorang yang sedang resah karena seorang kekasihnya kini tak lagi bersamanya. Namun ada suatu kejanggalan karena pada bagian awal nampak seseorang laki-laki yang sedang resah karena ditinggal kekasihnya, namun pada bagian akhir video klip lagu ini terlihat bahwa seorang perempuan yang seolah membayangkan sosok laki laki yang dulu pernah ada dalam hipupnya yang kini sudah didalam dunia yang berbeda. Sehingga polemik tentang presepsi lagu ini pun mulai muncul. Apakah lagu ini diciptakan untuk sekadar menggambarkan seseorang yang rindu terhadap kekasihnya saja yang sekarang sudah bersama kekasih barunya, atau menggambarkan seseorang yang kini sudah ditinggal kekasihnya untuk selama lamanya.


http://chamidahmasivers-riouse.blogspot.co.id/2011/12/prestasi-dmasiv.html

 




Komentar

  1. Nama : Resti Novianti
    NIM : 2115160569


    Pengembangan mind map yang dibuat oleh Afi sudah bagus dengan pemaparan informasi yang lengkap dari setiap gagasan utama dan subtopiknya. Namun, kurang tepat dalam membuat judul-judul gagasan di dalam mind mapnya. Hal tersebut terlihat pada gagasan identitas lagu yang terdiri dari subtopik album, pencipta, tahun populer. Dalam pengembangan mind map, dipaparkan secara lengkap informasi mengenai grup band dengan prestasi-prestasinya. Seharusnya di dalam judul mind map “pencipta” diganti dengan judul “profil grup band” dan tidak perlu ada judul “tahun populer” karena sudah menjadi bagian dari pemaparan profil grup band.
    Selain tidak tepatnya penamaan judul lagu, tidak terdapat penyusunan paragraf yang sistematis. Pada paragraf pertama, Afi menjelaskan genre musik lalu pada paragraf kedua dijelaskan informasi mengenai grop band itu sendiri beserta prestasinya. Lalu pada paragraf ketiga dijelaskan kembali mengenai genre. Akan lebih baik jika pemaparan informasi mengenai genre disatukan sehingga paragraf tersebut menjadi paragraf yang utuh dan padu.
    Dalam penulisannya, Afi kurang menggunakan sumber referensi. Padahal hal tersebut akan semakin menambah kuat gagasan yang dipaparkan. Afi hanya mencari sumber referensi prestasi-prestasi yang didapatkan grup band.

    BalasHapus
  2. Fajriani Tsulasi

    Assalamualaikum wr.wb
    Alhamdulillah saya sudah membaca artikel Anda mengenai lagu "Rindu Setengah Mati". Artikel Anda sudah baik, namun memang ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menulis sebuah artikel. Pemakaian tanda baca pada artikel salah satunya. Penulisan sebuah judul lagu seseorang seharusnya memakai tanda petik. Pada paragraf ke 6, kalimat ke 3, setelah kata "selain itu" menggunakan tanda koma. Karena kata tersebut, merupakan penghubung antar kalimat yang terdapat pada awal kalimat.
    Saat membicarakan mengenai kesesuaian mind map Anda dengan artikel yang Anda buat, ada beberapa pargraf yang tidak sesuai dengan mind map Anda. Pada penjelasan paragraf pertama tidak terdapat pada gambaran mind map. Pada paragraf ke 4 menceritakan tentang lagu "Rindu Setengah Mati" itu masuk ke dalam album apa dan tahun kepopuleran lagu itu. Sebenarnya, penjelasan itu seharusnya terletak sebelum penjelasan mengenai karakter lagu (genre dan jenis lagu).
    Saya yakin Anda bisa menulis lebih baik lagi. Saya sarankan sebelum menulis, Anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Terima kasih dan semangat ��

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)