Tugas Menulis Populer (2)

Nama: Citra Tarigan

No. Absen: 3

NIM : 2115162263

Prodi: Pendidikan Bahasa Indonesia

Lirik lagu: Muara Kasih Bunda
Bunda
Engkaulah muara kasih dan sayang
Apapun pasti kau lakukan
Demi anakmu yang tersayang
Bunda
Tak pernah kau berharap budi balasan
Atas apa yang kau lakukan
Untuk diriku yang kau sayang
Saat diriku dekat dalam sentuhan
Peluk kasihmu dan sayang
Saat ku jauh dari jangkauan
Doa mu kau sertakan
Reff:
Maafkan diriku bunda
Kadang tak sengaja ku membuat relung hatimu terluka
Kuingin kau tahu bunda
Betapa kumencintaimu lebih dari segalanya
*
Kumohon restu dalam langkahku
Bahagiaku seiring doamu
Bunda
Tak pernah kau berharap budi balasan
Atas apa yang kau lakukan
Untuk diriku yang kau sayang
Saat diriku dekat dalam sentuhan
Peluk kasihmu dan sayang
Saat ku jauh dari jangkauan
Doa mu kau sertakan
Reff:
Maafkan diriku bunda
Kadang tak sengaja ku membuat relung hatimu terluka
Kuingin kau tahu bunda
Betapa kumencintaimu lebih dari segalanya
*
Kumohon restu dalam langkahku
Bahagiaku seiring doamu
Bunda
Engkaulah muara kasih dan sayang
Apapun pasti kau lakukan
Demi anakmu yang tersayang




Komentar : 

Lagu ini diciptakan oleh pencipta lagu ternama yaitu Adibal Shahrul, serta dipopulerkan oleh penyanyi dangdut terkenal, Erie Susan. Lirik dari lagu ini sangat inspiratif serta menggugah jiwa. Pencipta lagu tidak asal pilih diksi, walaupun bisa dikatakan bahwa diksi atau kata yang digunakan sederhana, namun pencipta sangat cerdas untuk bisa menyampaikan apa makna dari lagu ini sebenarnya. Lagu ini diciptakan dengan maksud mengungkapkan bagaimana seorang ibu menyayangi anaknya dengan sepenuh jiwa, mendoakan tanpa perlu diminta, serta tak pernah berharap bahwa kelak budinya tersebut dibalas oleh sang anak. Dalam video klip juga dapat terlihat bagaimana sang ibu memeluk erat anaknya sampai ia tumbuh besar. Aransemen lagu menambah keindahan dalam lagu ini. Alunan piano serta penghayatan yang ditunjukkan oleh sang penyanyi semakin mennyetuh jiwa. Suasana yang digambarkan dalam vidieo klip terasa begitu membuat pendengar ikut merasakannya. Tidak terdapat adanya dampak negatif, justru terdapat amat banyak dampak positif, yang salah satunya membuat kita bisa semakin patuh dan sayang terhadap ibu. Amanat dari lagu ini, tentunya ialah kita sebagai manusia harus selalu menyayangi, mematuhi, serta menjaga ibu dengan baik, dengan penuh cinta dan kasih. 



Perbaikan


Lagu Muara Kasih Bunda ini bergenre dangdut, dan dipopulerkan oleh penyanyi dangdut ternama yaitu Erie Suzan. Lagu ini adalah ciptaan dari sang kreator yang cukup terkenal yaitu Adibal Sahrul. Muara Kasih Bunda ini mendongkrak popularitas, baik penyanyinya maupun penciptanya. Karena lagu ini, Adibal Sahrul semakin dikenal bukan hanya sebagai penyanyi saja, namun sebagai pencipta lagu dan komposer. Eri Suzan pun sampai sekarang masih sering terlihat di dunia pertelevisian.
Pencipta tidak asal pilih diksi, melainkan sang pencipta merangkainya dengan sangat indah namun tetap bermakna. Dapat dikatakan pula, bahwa kata-kata yang terangkai dalam lagu ini sangat sederhana. Bisa kita lihat pada lirik Betapa kumencintaimu lebih dari segalanya , diksi atau kata-kata tersebut tidak asing bagi kita, namun jika dilihat dari sudut pandang pencipta, ia seakan-akan ingin mengungkapkan apa yang dirasakannya terhadap ibunya.
Pada lagu yang sangat inspiratif ini, makna yang tersurat pun cukup mendalam. Apalagi pada bagian lirik Kadang tak sengaja ku membuat remah hatimu terluka , dalam kalimat tersebut terdapat makna bahwa kita sebagai anak seringkali menyakiti perasaan seorang ibu, dan tanpa disadari, perlakuan itu membuat hati ibu sakit.  Selain itu, lagu ini memiliki makna bahwa ibu akan selalu menyayangi kita, mendoakan kita dan melakukan apapun untuk kita, anaknya.
Selain lagu, terdapat pula video klip yang menggambarkan bagaimana kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya. Pembuatan video klip ini diperuntukkan untuk para penikmat lagu agar lebih bisa menghayati apa isi dari lagu tersebut. Dalam video klip, terlihat bahwa Erie Suzan, sang penyanyi sedang menyanyikan lagu ini dengan penuh penghayatan dan emosional. Selain Erie Suzan, terdapat pula seorang anak yang kian lama tumbuh besar dan juga seorang ibu yang senantiasa berada di sampingnya. Dalam video klip lagu ini hanya berwarnakan abu-abu, walaupun begitu, suasana yang tergambar di dalamnya dapat dinikmati para pendengar. Aransemen yang digunakan dalam video klip, menambah perasaan haru bila mendengarnya. Alunan piano yang begitu merdunya, sangat padu dengan lirik pada lagu ini.
Pesan moral atau amanat seringkali ditujukan pencipta untuk para pendengarnya. Dalam lagu ini, pencipta menyampaikan pesan sebagaimana seorang anak haruslah bisa berbakti kepada ibunya, menjaga dan menyayangi ibunya, serta bisa membuat hidupnya bahagia. InsyaAllah kita akan bahagia bila kita memperlakukan ibu dengan baik.


Sumber :
http://tentangadibal.blogspot.co.id/2014/03/nama-lengkap-adi-sahrul-hartono-nama.html
http://www.terwujud.com./2014/07/erie-suzan-muara-kasih-bunda.html
http://triwulandari573.blogspot.co.id/2015/11/arti-dari-lagu-muara-kasih-bunda.html
http://www.kompasiana.com/dongeng.comlu/muara-kasih-bunda_5500627da33311ef6f510ee0





;

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Dalam komentar sebelumnya, isi paragraf tidak mengandung unsur koherensi, kepaduand, dan kesatuan. Hal ini disebabkan karena pembahasan yang sudah dirancang (lihat mind map) memang sudah ada, namun penulis menjadikan pembahasannya menjadi satu paragraf. Setelah diperbaiki, terlihat jelas bagaimana penulis dapat mengomentari begitu banyak mengenai lagu ini. Penulisan lirik lagu pada tulisan artikel juga sudah dimiringkan dan memudahkan untuk dibaca.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELOMPOK TIGA

Tugas Menulis Populer (25)

Tugas Menulis Populer (1)